Suara Demokrasi-Suaraku Ekspresiku: Proyek P5 di SMP N 6 Rembang

Suara Demokrasi-Suaraku Ekspresiku: Proyek P5 di SMP N 6 Rembang

Oleh : Ajie Dina Kis Puji Astuti, S.Pd

Demokrasi bukan hanya konsep di buku pelajaran, tetapi juga pengalaman yang dapat dirasakan langsung oleh siswa. Di SMP N 6 Rembang, kehadiran proyek P5 dengan tema "Suara Demokrasi-Suaraku Ekspresiku" menjadi langkah konkrit dalam memberikan ruang bagi suara-suaraku ekspresi siswa dalam kehidupan sekolah.

Proyek P5 Tema Suara Demokrasi di SMP N 6 Rembang

Proyek P5 di SMP N 6 Rembang dengan tema "Suara Demokrasi-Suaraku Ekspresiku" bertujuan untuk melibatkan siswa secara langsung dalam proses demokratis di sekolah. Ini bukan sekadar memilih pemimpin OSIS, tetapi juga memberikan platform bagi setiap siswa untuk menyuarakan pendapat, ide, dan aspirasi mereka melalui berbagai mekanisme demokratis.

Proses Proyek Suara Demokrasi di SMP N 6 Rembang

 

Pendaftaran Calon: Proses dimulai dengan pendaftaran calon pemimpin OSIS dan penyusunan visi-misi mereka. Setiap calon memiliki tanggung jawab untuk merumuskan gagasan yang dapat mencerminkan aspirasi dan kebutuhan siswa.

Presentasi Visi-Misi: Calon-calon mempresentasikan visi-misi mereka kepada seluruh siswa. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenal calon dan memahami rencana dan komitmen mereka terhadap kepentingan siswa.

Outing Class ke KPU Purbalingga:  Siswa kelas 7 dan 8 melaksanakan kegiatan outing class ke KPU Purbalingga pada hari Rabu tanggal 29 Agustus 2023.

Debat Publik: Debat publik diadakan untuk memberikan ruang bagi pertanyaan dari siswa dan interaksi langsung antara calon dan pemilih potensial. Ini menciptakan suasana yang transparan dan terbuka. Proses debat publik dilakukan di lapangan SMP Negeri 6 Rembang.

Pemungutan Suara: Pemungutan suara dilakukan dengan cermat dan adil, melibatkan seluruh siswa sebagai pemilih. Setiap suara dihargai dan memiliki dampak langsung pada pemilihan pemimpin OSIS.


Manfaat Proyek Suara Demokrasi bagi Siswa di SMP N 6 Rembang

 

Pengembangan Keterampilan Demokratis: Siswa terlibat langsung dalam proses demokratis, mengasah keterampilan partisipasi, pemilihan, dan tanggung jawab.

Peningkatan Keterlibatan Siswa: Proyek ini meningkatkan keterlibatan siswa dalam keputusan yang memengaruhi kehidupan sekolah mereka, menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab.

Pemahaman tentang Demokrasi: Siswa belajar secara langsung tentang nilai-nilai demokrasi, termasuk keadilan, persamaan, dan partisipasi aktif.



Hasil Proyek Suara Demokrasi di SMP N 6 Rembang

Hasil proyek suara demokrasi di SMP N 6 Rembang bukan hanya terlihat pada terpilihnya pemimpin OSIS, tetapi juga pada semangat kebersamaan dan partisipasi siswa. Suara-suara ekspresi siswa menjadi pondasi untuk pembangunan kehidupan sekolah yang lebih baik dan inklusif.

Kesimpulan

Proyek P5 dengan tema "Suara Demokrasi-Suaraku Ekspresiku" di SMP N 6 Rembang memberikan bukti nyata bahwa demokrasi dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Suksesnya proyek ini tidak hanya terletak pada hasil akhirnya, melainkan pada prosesnya yang membentuk pemahaman, keterlibatan, dan kesadaran siswa tentang pentingnya suara mereka dalam membentuk masa depan sekolah.

Melalui langkah-langkah demokratis ini, diharapkan siswa di SMP N 6 Rembang dapat membawa semangat demokrasi ini sebagai bekal untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang di masa depan. Sukses untuk pemimpin OSIS terpilih dan seluruh siswa SMP N 6 Rembang yang telah berpartisipasi aktif dalam proyek ini! 

Administrator
13 Des 2023   589 kali