IHT KUMER SPENNARA

Implementasi Kurikulum Merdeka


Oleh Panca Prasetya

  
Belajar merupakan  sebuah proses. Pernyataan ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Cronbach, yaitulearning  is show by change in behavior as a result of experience.

Pembelajaran akan efektif jika proses untuk mencapai tujuan pembelajaran dapat dicapai dalam waktu tepat. Tidak hanya bagi siswa, proses belajar efektif juga perlu diketahui oleh guru. Pembelajaran yang efektif bisa jadi salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Karena itu, guru harus dapat merancang sebuah proses pembelajaran yang efektif dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.

Melalui proses belajar yang efektif, siswa bisa memaksimalkan pemahaman atas pengetahuan yang dipelajarinya dengan menggunakan  waktu yang singkat. Hail dari proses belajar efektif, salah satunya adalah tujuan pembelajaran seperti memahami konsep, nilai yang bagus, dan naik kelas, bisa dicapai sesuai waktu yang ditargetkan. Selain itu, pembelajaran yang efektif tidak hanya membantu siswa untuk mencapai tujuan tersebut, tapi juga mendukung mereka untuk bisa menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari secara langsung.

Implementasi Kurikulum Merdeka, pada proses pembelajarannya lebih menggunakan pendekatan diferensiasi. Sementara itu ciri khusus pada kurikulum ini untuk menunjukkan secara tegas posisi kedifernsian adalah mengkelompokkan capaian pembelajaran siswa berdasarkan fase pertumbuhan anak. Fase yang diakomodir pada kurikulum terdapat 6 fase, yaitu fase A, B, C, D, E dan F. kemudian ditambah fase pondasi untuk anak usia dini. Pembagian fase ini, menurut pendapat pengembang sangat monumental perubahannya. Mengapa? Karena capaian pembelajaran dengan menyesuaikan fase pertumbuhan baru kali ini diluncurkan oleh kementrian secara tegas. Pembagian capaian belajar berbasis fase, sebenarnya akan lebih membantu guru supaya pembelajaran di kelas semakin efektif. Adapaun bagaimana cara guru mengorganisasi pembelajaran supaya menjadi efektif? Nah pada bahasan kali ini akan dicoba dikupas secara mendasar tentang bagaimana mewujudkan pembelajaran yang efektif pada pembelajaran diferensiasi ini.




Administrator
13 Des 2023   731 kali